Rak Minimarket Group

Lapak Lokasi usaha

Lapak atau Lokasi usaha merupakan hal yang paling penting dalam usaha retail, bahkan di kalangan bisnis retail seringkali mengatakan bahwa yang terpenting pertama adalah lokasi, kedua lokasi, dan ketiga juga lokasi. Sehingga, walaupun faktor lapak/lokasi ini memang sangat vital seolah-olah faktor yang lain tidaklah menentukan…. Jelas ini pendapat yang keliru.!! Mengingat retail bisnis adalah detail bisnis, tentu dalam segala aspek harus didetailkan sampai kepada komponen yang terkecil termasuk dalam hal menentuan lapak/lokasi ini.
Seringkali kita mendengar dan tentu hampir semua pengusaha retail selalu mencari dan menggunakan kata „Lokasi Strategis‟. Nah.. disinilah letak keunikan masing-masing usaha retail atas lokasi „strategis‟ yang dipilihnya. Terkadang kita melihat ada usaha retail misal warung makan yang sangat ramai dan penuh pengunjung walaupun secara letak sepertinya bukan lokasi yang strategis, dan dilain tempat ada warung makan serupa yang lokasinya kita pandang strategis malah tampak sepi, jangankan pembeli bahkan „lalat‟pun tidak mau mampir.

lapakusaha
Hal ini juga berlaku untuk pengusaha retail jenis lain misalnya pedagang „klithikan‟ (barang bekas pakai seperti asesories dan spareparts mobil/motor, dll) yang Lapaknya banyak memenuhi trotoar, biasanya mereka sulit untuk dipindah pada lokasi semestinya dengan alasan lokasi lamanya tersebut sangat strategis dan sulit menemukan tempat pengganti yang ideal. Sehingga sering terdengar ada penggusuran oleh Satpol PP yang berujung bentrok. Di satu sisi para pedagang tersebut bertahan di lokasi strategis walaupun hal itu melanggar peraturan daerah, dan di sisi lain Pemerintah Daerah berkepentingan menata wilayahnya agar rapi dan ramah lingkungan dengan pertimbangan beberapa aspek. Hal-hal seperti inilah yang makin membuat kita menjadi bingung, lokasi seperti apa yang seharusnya dipilih…?
Bagi pengusaha memilih lokasi memang harus cermat agar tidak salah dalam berinvestasi pada usaha retailnya tersebut, namun jika itu adalah kebijakan Pemerintah Daerah misalnya untuk melokalisir pedagang Kaki Lima (K-5), seharusnya disertai dengan usaha menciptakan keramaian pada areal yang baru mengingat keramaian pengunjung bisa diciptakan oleh Pemerintah Daerah pada areal baru tersebut.
Untuk membantu Anda dalam menentukan Lokasi usaha sebaiknya memperhatikan beberapa aspek yang bertujuan mengundang pengunjung datang ke Lapak/lokasi Anda.
Jadi….apa sebenarnya lokasi strategis itu….?
Dan bagaimana melakukan Eksposure/mengeksposenya..??

Lanjut di sini

 
Share this post
  , , , ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *